Kamis, 26 Juli 2012

Perlengkapan Pendaki Gunung




  PERLENGKAPAN PRIBADI
1. Sepatu, ada beberapa tipe sepatu yang dirancang khusus untuk berbagai jenis perjalanan. Sepatu yang baik adalah yang dapat memberikan perlindungan bagi kaki dan cocok untuk jenis perjalanan.
2. Pakaian, harus dapat melindungi si pemakai dari gangguan medan dan cuaca. Meliputi pakaian untuk kepala, badan, tangan dan kaki.
3. Perlengkapan tambahan, meliputi bekal makanan / minuman, senter, pisau, perlengkapan menginap / tidur, dll.




  PERLENGKAPAN TEKNIK
1. Tali (Rope)
Tali yang dipergunakan dalam pendakian / pemanjatan tebing (climbing rope) bersifat fleksible, elastis dan tahan terhadap beban yang berat. Diameter tali berkisar antara 11, 10 dan 9 mm. Kemampuan menahan beban berkisar antara 1.360 s/d 2.720 kg. Yang biasa digunakan ada dua jenis yaitu : Hawser laid dan Kernmantel.


2. Helmet / Crash Hat
Berfungsi sebagai pelindung kepala terhadap benturan benda keras.
3. Harness
Tali tubuh yang berfungsi sebagai sabuk pengaman.
4.Carabinner
Carabineer adalah cincin kait yang berbentuk oval atau D dan mempunyai gate / pintu, terbuat dari allumunium alloy dan mempunyai kekuatan antara 1.500 – 3.500 kg. Carabineer ini ada dua jenis, yaitu : screw gate (berkunci) dan snape gate (tidak berkunci).
5. Sling
Sling terbuat dari webbing tubular. Panjang sekitar 1,5 m dengan lebar 2,5 cm dibentuk menjadi sebuah loop (lingkaran) yang dihubungkan dengan simpul pita.


PERENCANAAN PERLENGKAPAN PERJALANAN
Keberhasilan suatu kegiatan di alam terbuka juga ditentukan oleh perencanaan dan perbekalan yang tepat. Dalam merencanakan perlengkapan perjalanan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah :
1. Mengenal jenis medan yang akan dihadapi (hutan, rawa, tebing, dll)

2. Menentukan tujuan perjalanan (penjelajahan, latihan, penelitian, SAR, dll)
3. Mengetahui lamanya perjalanan (misalnya 3 hari, seminggu, sebulan, dsb)
4. Mengetahui keterbatasan kemampuan fisik untuk membawa beban
5. Memperhatikan hal-hal khusus (misalnya : obat-obatan tertentu)
Setelah mengetahui hal-hal tersebut, maka kita dapat menyiapkan perlengkapan dan perbekalan yang sesuai dan selengkap mungkin, tetapi beratnya tidak melebihi sepertiga berat badan (sekitar 15-20 kg), walaupun ada yang mempunyai kemampuan mengangkat beban sampai 30 kg. 

Tips Memilih Sepatu untuk Mendaki Gunung


Dalam dunia pendakian gunung, bukan hanya kesiapan fisik dan perlengkapan standar pendakian yang menjadi prioritas, namun lebih dari itu. Salah satunya adalah bagaimana cara kita memilih sepatu yang standar dan nyaman untuk mendaki gunung.

 Dapat di rasakan jika anda mendaki gunung dan salah menggunakan sepatu, maka probabilitas  anda mengalami cedera menjadi sangat terbuka. Contohnya jika sepatu kita kekecilan atau nomornya pas-pasan, maka kaki lecet sudah pasti jawabannya, dan dijamin anda tidak akan nyaman dalam melakukan pendakian. Untuk mengatasi hal tersebut berikut tips sederhana memilih sepatu untuk mendaki gunung :
Pertama, Pilihlah satu nomor lebih besar dari ukuran sesungguhnya. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa untuk melindungi kulit dari lecet dan menghangatkan kaki dari udara dingin. Bahkan dalam pendakian Gunung ES, ukuran sepatu harus dipilih dua nomor lebih besar dari ukuran normal kaki si pendaki, mengingat mereka akan menggunakan kaos kaki lebih tebal dan dinginnya ES akan menyempitkan sepatu (yang terbuat dari kulit).
Kedua, Memilih Sepatu yang  mempunyai leher cukup tinggi, sehingga melindungi mata kaki dan memperkokoh pergelangan kaki, sirkulasi udara tetap terjaga sehingga tidak menyebabkan kaki lembab dan mengeluarkan aroma yang tak sedap, bahkan cenderung  tempat berkembangnya jamur  yang menyebabkan kaki menjadi bau bahkan dapat memnyebabkan luka di celah antar jari kaki.  Kendati demikian jangan memilih sepatu yg berleher terlalu tinggi, Seperti sepatu tentara misalnya karena sepatu tersebut  menyebabkan udara didalamnya terkurung dan tak dapat melakukan sirkulasi.  
Ketiga Pilihlah sepatu yang sesuai dengan bentuk/pola kaki masing-masing, sol sepatu yang berbahan karet dan anti slip seperti sol sepatu Vibram, serta bagian tepi lehernya selalu dilapisi bahan yg lebih lunak dan menebal untuk menghidari  lecetnya tumit kaki.
Keterangan Gambar : Sepatu merk Lafuma
    Sekian ulasan dari saya, tentang perlengkapan pendaki gunung. Bagi anda yang baru mencoba mendaki gunung, semoga menambah wawasan anda. Penulis mohon ma'af apabila ada tutur kata yang kurang berkenan, ataupun informasi yang salah. Karna manusia tak ada yang sempurna. Terimakasih  :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sharingan 3 - Naruto